• Posted by : Ciel Rabu, 02 Desember 2015

    Baca artikel sebelumnya >> 10 Waduk / Embung di Yogyakarta

    7. Embung Serut Sukunan


    embung serut sukunan gamping

    Bagi masyarakat perkotaan melihat sebuah daerah tangkapan air tentunya menjadi hal langka melihat banyaknya pembangunan yang menyalahi perundang-undangan Rancangan Tata Ruang Wilayah (RT/RW) sehingga untuk mewujudkannya pun sulit. Seperti yang kita ketahui area perkotaan di wajibkan memiliki 30 persen wilayahnya sebagai daerah penghijauan.

    Namun hal ini bisa kita dapatkan di wilayah Dusun Sukunan, Banyuraden, Gamping, Sleman, Yogyakarta. Lokasi Embung Serut Sukunan ini berada di dalam wilayah pengembangan kota atau di dalam jalan lingkar kota Yogyakarta (Ring Road). Embung Serut Sukunan berada di antara wilayah padat penduduk dengan berdirinya berbagai perumahan yang ada di sekitar embung ini.


    8. Embung Langensari


    embung langensari jogja

    Merupakan embung yang pertama kali dibangun di wilayah kota Yogyakarta. Namun sebenarnya embung ini merupakan revitalisasi keberadaan danau buatan milik PJKA (sekarang PT KAI) untuk kebutuhan air Stasiun Lempuyangan Yogyakarta. Konsep pembangunan kembali Embung Langensari berbeda dengan sebelumnya dimana akan dikembangkan lebih dari sekedar tempat peresapan air di daerah perkotaan. Proyek pembangunan embung yang dilakukan secara bertahap nantinya akan dikembangkan sebagai kawasan Ruang Terbuka Hijau (RTH) dan taman rekreasi masyarakat.
    Embung Langensari (dapat disebut Situ Langensari) berada di kelurahan Klitren, kecamatan Gondokusuman, kota Yogyakarta. Embung memiliki kapasitas tampung air sebesar 9.780 m3, luas 5.890 m2 dengan kedalaman sekitar 2-3 m.

    Sumber lengkap: teamtouring.net


    9. Embung Kaliaji

    embung kaliaji jogja sleman

    Embung ini terletak di Dusun Sangurejo, Turi, Sleman, Yogyakarta. Mungkin belum banyak yang mendengar tentang Embung ini. Pengukuhan Pengurus Embung pun sudah dilaksanakan pada 17 November 2013 silam yang dihadiri oleh warga Turi Donokerto dan Sangurejo Wonokerto. Namun Embung ini sudah memberikan sedikit pemandangan yang tentunya enak dilihat. Warga sekitar banyak menggunakan Embung ini untuk sekedar memanjakan mata dengan pemandangan yang masih real alam dan udara desa tentunya, banyak juga di pagi hari warga menggunakannya untuk sekedar olahraga ringan.


    10. Embung Krapyak

    embung krapyak sleman jogja

    Embung ini tergolong masih baru karena baru saja diresmikan oleh Bupati Sleman. Keberadaan embung ini diharapkan mampu mencukupi kebutuhan akan sumber daya air terutama pada sektor pertanian. Pasalnya, Seyegan merupakan daerah pengembang pertanian di Kabupaten Sleman.

    Sumber lengkap: jogjagowes.com


    -----

    Sepertinya masih akan ada lagi embung - embung baru yang dibangun di Provinsi Yogyakarta. Embung sendiri dibuat untuk membantu pengairan sawah, kebun, dan kolam. Selain itu, embung juga dapat digunakan untuk lokasi penghijauan, rekreasi, memancing, dan berolahraga.

    Kita tunggu saja, lokasi baru di yogyakarta yang akan dibuat embung. Mungkin saja akan dibuat dekat rumah kalian? Entahlah.

    Sekian dari saya, terimakasih telah berkunjung. SHARE! jika kalian suka artikel ini.
    Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - QuinBlog

    QuinBlog - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan