• Posted by : Ciel Senin, 25 April 2016

    Mungkin anda kaget atau bingung karena ketika anda mengklik sebuah situs dan mendownload 'file' (lagu, game, software, film, dokumen, dll) tiba-tiba muncul tampilan Situs yang akan dibuka berisi penipuan. Berarti kita sama!

    Situs yang akan dibuka berisi penipuan dan berbahaya

    Hal di atas biasa terjadi ketika kita menggunakan browser Google Chrome versi terbaru. Untuk browser lain saya kurang tau, karena selain GC (Google Chrome) saya tidak punya browser lain. Alasannya, sudah cinta sama produk Google, mungkin. Lol.

    Untuk menjawab kebingungan dan kekagetan anda, saya hanya akan menjelaskannya sedikit di artikel ini, untuk selengkapnya nanti anda bisa baca di blog Google.

    " Kok bisa? Dulu-dulu nggak, sekarang kok seperti ini? Ada apa sebenarnya? "

    Ya, mungkin seperti itu yang ada pada benak pikiran anda.

    Ini merupakan persepsi saya pribadi. Alasan Google melakukan ini karena menghindari dari situs yang tidak Aman atau Berbahaya, salah satunya model situs yang tiba-tiba redirect sendiri atau dikenal sebagai iklan Pop Under.

    " Apa sih Pop Under? "

    Pop Under itu sejenis script iklan yang disediakan penyedia iklan via internet. Proses kerja Pop Under adalah redirect sendiri, atau ketika anda klik apa, yang keluar malah link lain atau malah tiba-tiba download file sendiri. Nah, seperti itulah prosesnya.

    " Kenapa banyak situs menggunakan Pop Under? "

    Karena Pop Under merupakan salah satu iklan kerjasama atau afiliasi antara penyedia iklan dan para pemilik situs yang anda buka. Yang kemudian ketika anda redirect full ke situs lain, maka pemilik situs yang anda buka akan mendapat penghasilan. Walau pada dasarnya penghasilannya memang tidak cukup untuk membeli permen. Kenapa banyak yang pasang? Mungkin karena memasang Pop Under lebih cepat meraih uang daripada iklan lainnya. Bisa juga karena salah satu alternatif akibat kegagalan diterima menjadi 'publisher' (penayang) iklan GA (Google Adsense).

    Untuk sebelumnya akan saya tekankan kepada anda bahwa, TIDAK SEMUA iklan hasil Pop Under BERBAHAYA! Karena apa, pada dasarnya pemberi link tujuan atau si A yang paling bertanggung jawab, apakah link yang ia berikan adalah link Aman atau link Sesat/Berbahaya. Untuk mudahnya, akan saya beri alurnya!

    A - B - C - A

    Keterangan:
    A = Link yang diberi oleh pemberi link tujuan
    B = Penyedia layanan iklan Pop Under
    C = Publisher/Penayang/Pemilik situs yang dipasangi Pop Under

    Penjelasan Alur:
    A membayar uang kepada B untuk menitipkan link. Kemudian B membuat script iklan Pop Under dan menawarkannya kepada C1C2C3, dan C seterusnya, untuk memasang script yang sudah dibumbui dengan link A ke situs C. Lalu ketika ada visitor masuk ke situs milik si C dan script buatan B bekerja atau sudah menuju link milik A, maka si C akan mendapat kompensasi dari B.


    Dengan alasan, tidak semua pop under berbahaya, makanya tidak semua juga situs yang ada pop under-nya mendapat peringatan seperti gambar di atas. Google akan menyaring dan mengetahui pop under mana yang berbahaya atau penipu dengan cara yang ia gunakan.

    " Apa bahayanya link dianggap phising atau penipuan atau malware oleh Google? "

    Silakan anda baca penjelasannya di salah satu artikel blog google yang berjudul
    Menjadikan Web Lebih Aman ini agar lebih jelas.

    Atau anda bisa menonton video yang dirilis google lewat youtube mengenai bagaimana cara kerja oknum tidak bertanggung jawab seperti tindakan cyber crime untuk merusak atau meretas sebuah situs orang lain di bawah ini.



    Kemudian, Bagaimana Cara Membuka Situs yang Akan Dibuka Berisi Penipuan atau Berbahaya?

    Caranya sebagai berikut:

    1. Ketika anda mendapati tampilan seperti gambar di bawah ini, maka pilih atau klik Detail.

    Situs yang akan dibuka berisi penipuan dan berbahaya

    2. Terakhir. Pilih mengunjungi situs yang tidak aman, seperti gambar di bawah ini yang telah saya beri tanda panah.

    Situs yang akan dibuka berisi penipuan dan berbahaya

    3. Berhasil!

    Perlu anda ingat!
    Bahwa, ketika anda telah keluar dari situs yang memunculkan warning atau tanda peringatan tersebut, maka anda akan mendapati warning yang sama di situs atau link tersebut walaupun anda telah klik tulisan yang ada pada cara kedua.

    Sekian dari saya, semoga bermanfaat!

    Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk!

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - QuinBlog

    QuinBlog - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan