• Posted by : Ciel Sabtu, 04 Juni 2016

    Perlu atau Tidak Memasang Kolom Komentar Pada Blog? - Kolom komentar pada dasarnya berguna sebagai wadah menanggapi pertanyaan-pertanyaan, kritikan, dan saran dari para pembaca atau pengunjung sesuai dengan topik artikel yang dibaca. Dan semua template pasti ada, kecuali jika kodenya telah dihapus seperti template blog ini.

    Bagi anda yang menuju artikel ini pasti memiliki pertanyaan di dalam otak, Perlu Atau Tidak sih Memasang Kolom Komentar Pada Blog?

    Perlu atau Tidak Memasang Kolom Komentar Pada Blog

    Jawaban sekaligus opini saya adalah, TERGANTUNG.

    Ya. Tergantung adalah jawabannya.

    Tergantung dari niat anda ngeblog, tergantung topik apa yang ada pada blog anda, tergantung harapan-harapan anda bermain blog, dan tergantung-tergantung lainnya. Dan jawaban dari tergantung-tergantung lainnya itu, hanya anda yang tau.


    - Misalkan blog anda seputar tutorial. Perlu tidak pasang kotak komentar?
    - Mungkin ada yang bilang perlu, alasannya (mungkin) sebagai jaga-jaga jika tutorial yang ia sampaikan tidak sesuai dengan harapan pembaca. Komentar-komentar pembaca ia gunakan sebagai bahan rekonstruksi atau perbaikan artikel disetiap tutorial yang telah ia sampaikan jika ada error. Dengan alasan itulah ia sengaja memasang kolom komentar.

    Tapi, ada juga yang berpendapat Nggak Perlu. Salah satu alasannya (mungkin) karena tidak ada waktu menanggapi komentar-komentar, ia sibuk dengan pekerjaan lainnya yang harus diprioritaskan. Atau bisa juga, karena merasa bosan menerima komentar sampah atau spam.

    Ya pokoknya, setiap pemilik blog pasti memiliki pendapat dan alasannya masing-masing dalam memunculkan atau menghilangkan kolom komentar. Karena pada dasarnya hanya mereka yang tau semua efek (baik atau buruk) pemasangan komentar pada blog mereka masing-masing.


    Sedangkan alasan saya tidak memasang kotak komentar di blog ini bisa kalian baca di 5 Alasan Situs Website / Blog Tidak Menampilkan Kolom Komentar


    -------

    Jadi, setelah anda membaca artikel ini, harusnya sudah tau dong sekarang. Mau tetap dipasang atau malah 'sebaliknya' (dihapus kolom komentarnya)?

    Ya itu semua TERGANTUNG anda pribadi, sih.

    Saya hanya menyarankan saja, bahwa Mau ditampilkan atau Tidak, cobalah untuk dipikirkan lebih lama dan lebih dalam lagi. Karena siapa tau komentar-komentar yang anda dapatkan dapat mendatangkan nilai plus dari setiap artikel-artikel anda. Bahkan juga, komentar-komentar itu bisa berpengaruh baik dalam aktivitas blogging anda selama ini. Siapa tau!

    Sekian dari saya. Semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat. Amin!

    Terimakasih telah berkunjung. Akhir kata, salam Ngeblog Asyikk \^o^/

    Leave a Reply

    Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

  • Copyright © - QuinBlog

    QuinBlog - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan